GOAL! KPI UIN KEDIRI GOES TO BAZNAS, FOKUS TINGKATKAN BRANDING DAN JANGKAUAN AUDIENS ZAKAT.
FUDA Newsroom – Sebanyak lima mahasiswa Program Studi Komunikasi dan
Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUDA) UIN Syekh Wasil
Kediri resmi memulai kegiatan Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) di Baznas Kota
Kediri.
Kegiatan PKM ini dibuka secara simbolis pada hari Senin, (1/9/2025),
bertempat di Kantor Baznas Kota Kediri, Jalan Bandar Ngalim No. 12. Kegiatan
pembukaan dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Akhmad Hasan Shaleh, serta
Ketua Baznas Kota Kediri, Dawud Syamsuri.
Pelaksanaan PKM ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama (PKS)
antara Prodi KPI dan Baznas. Selama periode 1 September hingga 15 Oktober 2025,
para mahasiswa KPI akan menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari, khususnya
dalam bidang produksi konten, public relations, dan strategi komunikasi
untuk kegiatan dakwah dan sosialisasi program Baznas.
Sebelum terjun langsung, kelima mahasiswa tersebut telah menerima pembekalan
intensif pada 28 Agustus 2025, yang fokus pada adaptasi komunikasi di
lingkungan lembaga filantropi.
Kepala Program Studi KPI UIN Syekh Wasil Kediri, Siti Amanah, menyatakan
bahwa PKM ini sangat penting untuk membentuk kompetensi profesional mahasiswa.
“Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) ini diharapkan dapat menjadi pembekalan serta
pengalaman kerja bagi mahasiswa KPI dalam mengatasi masalah komunikasi di
lingkungan kerja. Mereka didorong untuk menggunakan keahlian mereka dalam penyiaran
dan media untuk memperluas jangkauan dakwah Baznas," ujar Siti Amanah.
"Ini adalah kesempatan emas bagi mahasiswa KPI untuk membuktikan bahwa ilmu
komunikasi Islam sangat relevan dan dibutuhkan dalam peningkatan branding
dan transparansi lembaga keagamaan,” tambahnya.
Sambutan hangat juga datang dari Ketua Baznas Kota Kediri, Dawud Syamsuri.
Ia berharap mahasiswa KPI dapat membawa inovasi. "Semoga para mahasiswa
dapat mengambil manfaat, dan yang terpenting, dapat meningkatkan Branding
dari Baznas Kota Kediri ke masyarakat yang lebih luas melalui strategi komunikasi
yang segar dan modern," pungkasnya.
Penulis : Vikry Dwi Putra | Editor : Hasol


